TSMlBUA7TprpTUG5BSGlTfA7GA==

Peringati HUT ke-268 Kota Jogja, Pemkot Gelar Kolaborasi Orkestra Bersama TNI AU dan Kraton Yogyakarta

 

Peringati HUT ke-268 Kota Jogja, Pemkot Gelar Kolaborasi Orkestra Bersama TNI AU dan Kraton Yogyakarta
Gambar : Radar Jogja


Jogjaterkini.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta sukses menggelar kolaborasi dua orkestra megah di halaman Balai Kota Jogja pada Sabtu malam (28/9/2024). Acara yang melibatkan Yogyakarta Royal Orchestra dan Swa Bhuwana Paksa Orchestra ini, diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-268 Kota Yogyakarta sekaligus memeriahkan acara Semarak Dirgantara yang diprakarsai oleh TNI Angkatan Udara.

Kadri Renggono, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Jogja, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dari nota kesepahaman yang sebelumnya telah ditandatangani oleh Gubernur DIY dan Gubernur TNI AU. "Pertunjukan orkestra ini juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menikmati musik orkestra, yang selama ini dianggap hanya bisa dinikmati kalangan tertentu," ujar Kadri. Menurutnya, dipilihnya halaman Balai Kota Jogja sebagai lokasi acara bertujuan agar lebih banyak masyarakat dapat menyaksikan pertunjukan tersebut.

Orkestra ini membawakan delapan hingga sepuluh lagu bertema perjuangan serta lagu-lagu Jawa. Yogyakarta Royal Orchestra, dengan 26 pemain musik, dipimpin oleh konduktor MJ. Manggalawaditro, sedangkan Swa Bhuwana Paksa Orchestra, yang terdiri dari 20 pemain musik, dipimpin oleh Mayor Sus Rizka Yudhansyah. Penonton yang hadir terlihat antusias menyaksikan pertunjukan tersebut.

Kadri juga menambahkan bahwa acara ini sengaja dibatasi hanya untuk 1.000 penonton dengan tiket yang telah dibagikan melalui kelurahan. Hal ini dilakukan untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan selama acara berlangsung. Namun, masyarakat yang tidak mendapatkan tiket tetap bisa menikmati pertunjukan dari luar area Balai Kota. "Ini agar tertib dan semua bisa menikmati pertunjukan orkestra dengan nyaman. Di sisi lain, masyarakat juga bisa berkesempatan melihat di sekitar panggung di luar halaman Balai Kota Jogja," imbuhnya.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto, turut memberikan harapan besar melalui gelaran ini. Ia berharap agar acara seperti ini dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap dunia kedirgantaraan serta mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat. "Malam ini, kami bersama meresapi alunan musik persembahan kedua orkestra, dengan harapan semoga kita bisa memaknai setiap alunan nada dan semangat patriotisme, perjuangan, dan keagungan budaya Jawa yang terkandung di dalamnya," ujar Sugeng.

Lebih lanjut, Marsekal Muda Andi Wijaya, Asisten Potensi Dirgantara Kepala Staf TNI AU, menuturkan bahwa konser ini merupakan wujud nyata kolaborasi antara TNI AU dengan Pemkot Jogja dan Pemda DIY. Ia menambahkan, konser ini juga menjadi pembuktian bahwa prajurit TNI tidak hanya mahir dalam menghadapi perang, tetapi juga trampil dalam bermusik. "Karya yang berkualitas ini dapat dinikmati di seluruh Indonesia karena ditampilkan secara live streaming. Kami berharap, TNI AU bisa lebih dekat dan dicintai khususnya oleh warga Jogja," ungkapnya.

Acara ini juga menjadi momen bagi masyarakat untuk menikmati musik berkualitas tinggi, dengan perpaduan elemen-elemen kedirgantaraan dan seni musik yang harmonis. Harapannya, acara serupa bisa terus digelar untuk mendekatkan masyarakat dengan TNI dan memperkuat rasa cinta terhadap budaya dan tanah air.

pasang iklan banner 1045x250 pewarta network
pasang iklan banner 1045x250 pewarta network
pasang iklan banner 1045x250 pewarta network

Ketik kata kunci lalu Enter

close
banner pasang iklan 970x90 pewarta network