TSMlBUA7TprpTUG5BSGlTfA7GA==

Meriahkan Gelar Pelajar Pemuda Yogyakarta, Para Siswa Unjuk Kreativitas dan Prestasi

 

Meriahkan Gelar Pelajar Pemuda Yogyakarta, Para Siswa Unjuk Kreativitas dan Prestasi (Ist)


Jogjaterkini.id - Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) menyelenggarakan acara Gelar Pelajar Pemuda di Lapangan SMPN 1 Kota Yogyakarta pada Senin, (9/9/2024). Acara ini diikuti oleh ratusan pelajar dari berbagai sekolah di Kota Yogyakarta dan menjadi bagian dari implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka Belajar.

Kepala Disdikpora Kota Yogyakarta, Budi Santosa Asrori, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter pelajar yang berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila. "Kegiatan ini sudah kami lakukan sejak tahun 2011, sebagai media bagaimana kita menggali potensi para pelajar baik dari seni musik, seni tari, olahraga, wirausaha juga memotivasi mereka dalam menampilkan kreasi dan kreativitas sesuai minatnya," ungkapnya.

Selain menampilkan beragam pentas seni musik dan tari, acara ini juga diramaikan oleh bazar kuliner yang menampilkan aneka hidangan khas dari berbagai daerah. Gelar Pelajar Pemuda kali ini turut memberikan penghargaan kepada para pemenang Pekan Olahraga (POR) Siswa Kota Yogyakarta yang telah diselenggarakan pada 3 hingga 7 September 2024.

Dalam ajang POR Siswa, sebanyak 1.536 peserta berlaga dalam tujuh cabang olahraga, yaitu atletik, catur, karate, panahan, pencak silat, renang, dan sepak takraw. "Ada 207 trofi yang diberikan kepada para juara POR Siswa dari total yang mengikuti 1.536 peserta pada 7 cabang olahraga. Ini merupakan satu hal yang akan terus dilaksanakan secara rutin, sekaligus menjadi ajang pencarian bakat dan pembinaan berkelanjutan bagi siswa," terang Budi.

Kegiatan ini juga disambut dengan antusias oleh Kepala SMPN 1 Kota Yogyakarta, Yosepha Niken Sasanti, yang berharap acara ini dapat menjadi momentum positif bagi sekolah dalam merayakan Hari Ulang Tahun ke-82. "Para siswa diberikan ruang dan kesempatan untuk gelar karya melalui pentas seni dan kreasi stan yang di dalamnya mereka bisa berlatih menjadi wirausaha. Semoga semuanya bisa berjalan lancar dan kita semua bisa mendapat manfaat dari kegiatan ini, khususnya bagi siswa dalam mengembangkan potensinya," tuturnya.

Salah satu siswa kelas 8 SMPN 1 Kota Yogyakarta, Gendhis, mengungkapkan rasa senangnya bisa berpartisipasi dalam acara ini. Kelasnya mengambil sub tema Jawa Barat dan menghias stan dengan ornamen khas daerah tersebut, serta menjual jajanan tradisional kepada pengunjung. "Senang sekali ya karena banyak juga dari sekolah lain yang datang, ikut pentas dan bisa beli jajanan yang ditawarkan dari setiap kelas di SMPN 1. Harapannya dari sini bisa menambah banyak teman baru dan juga menambah uang kas untuk kelas, supaya bisa digunakan untuk kegiatan lagi," ceritanya.

Gelar Pelajar Pemuda menjadi salah satu upaya nyata pemerintah kota dalam mendorong kreativitas dan pengembangan potensi siswa, sekaligus memperkuat implementasi Kurikulum Merdeka Belajar melalui P5. Acara ini tidak hanya menjadi ajang unjuk bakat, tetapi juga sarana pembelajaran bagi siswa untuk berkreasi dan berwirausaha, sehingga diharapkan dapat melahirkan generasi muda yang unggul dan berkarakter Pancasila.

Sumber : Portal Berita Pemerintah Yogyakarta

pasang iklan banner 1045x250 pewarta network
pasang iklan banner 1045x250 pewarta network
pasang iklan banner 1045x250 pewarta network

Ketik kata kunci lalu Enter

close
banner pasang iklan 970x90 pewarta network