TSMlBUA7TprpTUG5BSGlTfA7GA==

Dinsosnakertrans Yogyakarta Gelar Job Fair Hybrid, Sediakan Lowongan Khusus untuk Disabilitas


Gambar : Freepik


Jogjaterkini.id - Dinas Sosial Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Yogyakarta kembali menyelenggarakan Job Fair di Auditorium LPP Yogyakarta pada tanggal 12-15 Agustus 2024. Kegiatan ini diadakan secara hybrid, menggabungkan format daring dan luring, yang memungkinkan akses lebih luas bagi pencari kerja. Tercatat sebanyak 49 perusahaan dari berbagai sektor, mulai dari retail hingga digital, berpartisipasi dalam acara ini.

Erna Nur Setyaningsih, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta, menyatakan bahwa ribuan lowongan pekerjaan tersedia dalam kegiatan ini. Lebih istimewa, Job Fair kali ini juga memberikan perhatian khusus pada para penyandang disabilitas, dengan tiga perusahaan yang menyediakan lowongan khusus bagi mereka.

"Ada juga stan khusus dari lembaga pelatihan kerja yang diikuti oleh empat perusahaan," ungkap Erna saat ditemui di Auditorium LPP Yogyakarta, Selasa (13/8/2024).

Erna menjelaskan bahwa pelaksanaan Job Fair ini merupakan salah satu upaya untuk mengatasi masalah pengangguran di Kota Yogyakarta, yang sempat mengalami lonjakan selama pandemi. Dengan data dari Badan Pusat Statistik menunjukkan angka pengangguran terbuka mencapai 6,07% di Kota Jogja, Job Fair ini diharapkan bisa menjadi solusi efektif.

"Jumlah ini menurun dibandingkan saat pandemi yang mencapai 13 persen," tambah Erna.

Tahun ini, antusiasme pencari kerja diprediksi tetap tinggi, mengingat ribuan pencari kerja menghadiri Job Fair pada tahun sebelumnya. Selain itu, acara ini juga dilengkapi dengan sesi talk show yang ditujukan untuk pencari kerja dari jenjang pendidikan SMA/SMK hingga pendidikan tinggi. Dinsosnakertrans Kota Jogja juga mengoptimalkan Aplikasi JSS (Jogja Smart Service) untuk mempermudah pencari kerja dalam mengakses informasi.

"Kami berharap kegiatan ini dapat menekan angka pengangguran, setidaknya kembali ke angka sebelum pandemi, yaitu sekitar tiga hingga empat persen," lanjut Erna.

Salah satu pencari kerja, Bahtiar Ilham, yang datang dari Magelang, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas diadakannya Job Fair ini. Sebagai seorang fresh graduate, ia merasa bahwa Job Fair ini sangat membantu dalam mencari pekerjaan pertama.

"Semoga bagi teman-teman fresh graduate bisa mendapatkan informasi lebih banyak lagi soal lapangan kerja, sehingga bisa punya pengalaman kerja dan mempersiapkan diri untuk jenjang yang lebih tinggi," ungkap Ilham, lulusan UPN Veteran Yogyakarta.

Dengan kegiatan ini, diharapkan pencari kerja, terutama para fresh graduate, dapat lebih mudah menemukan peluang pekerjaan yang sesuai dan meningkatkan keterampilan mereka untuk bersaing di dunia kerja yang semakin kompetitif.

Sumber : Harian Jogja

pasang iklan banner 1045x250 pewarta network
pasang iklan banner 1045x250 pewarta network
pasang iklan banner 1045x250 pewarta network

Ketik kata kunci lalu Enter

close
banner pasang iklan 970x90 pewarta network