TSMlBUA7TprpTUG5BSGlTfA7GA==

Viral di Media Sosial, Video Dugaan Anak Ular di Pantai Gunungkidul: Ini Klarifikasi dari Satlinmas Rescue

 

Gambar : Dream.co.id


Jogjaterkini.id- Sebuah video yang menampilkan enam ekor hewan yang diduga sebagai anak ular laut di pantai wilayah Gunungkidul, Yogyakarta, menjadi viral di media sosial. Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @merapi_uncover pada Rabu malam dan langsung menarik perhatian netizen dengan berbagai spekulasi mengenai jenis dan bahaya hewan tersebut.

Dilansir dari DetikJogja dalam video yang diunggah pada pukul 19.45 WIB, terlihat seekor hewan yang menyerupai ular dengan warna loreng hitam dan putih sedang berenang secara lambat di dalam air laut sebelum bersembunyi di sebuah batu karang. Keterangan yang menyertai video tersebut menyatakan, "Auto bubar Ig seru-serunya main sama anak-anak, dan ini anak ular lautnya ga cuma 1, nemuin sekitar 6 ekor di salah satu pantai Gunungkidul. kira" ular jenis ini berbahaya ga lur?"

Menanggapi viralnya video ini, Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Yogyakarta Wilayah Operasi I, Sunu Handoko, memberikan klarifikasi saat dihubungi detikJogja. Menurut Sunu, hewan dalam video tersebut bukanlah ular.

"Penampakan sekilas seperti belut. Ulo iku kenceng, ora klemer-klemer mlakune (ular laut geraknya kencang, tidak lambat jalannya)," ujar Sunu pada Rabu malam. Ia menjelaskan bahwa ular laut umumnya ditemui di tengah laut dan memiliki warna biru atau hitam. Selain itu, ular laut cenderung menghindar dari manusia dan hanya menggigit ketika terinjak.

Sunu juga menambahkan bahwa hewan dalam video tersebut belum dapat dipastikan jenisnya. "Kurang paham juga belut apa," katanya.

Sementara itu, fenomena viralnya video ini menimbulkan kekhawatiran dan ketertarikan di kalangan masyarakat, terutama mengenai keamanan bermain di pantai. Namun, dengan adanya klarifikasi dari pihak berwenang, diharapkan masyarakat dapat lebih tenang dan mendapatkan informasi yang akurat mengenai kondisi pantai-pantai di wilayah Gunungkidul.

Keberadaan hewan-hewan laut yang kerap kali disalahartikan ini menunjukkan pentingnya pengetahuan yang tepat mengenai biota laut agar tidak terjadi kepanikan yang tidak perlu di kalangan masyarakat. Pihak Satlinmas Rescue Istimewa Yogyakarta terus berupaya memberikan informasi yang akurat dan memastikan keamanan bagi para wisatawan yang berkunjung ke pantai-pantai di wilayah tersebut.

Untuk itu, masyarakat diimbau agar tidak mudah terpengaruh oleh informasi yang belum jelas kebenarannya dan selalu mengonfirmasi kepada pihak berwenang atau ahli terkait sebelum menyebarluaskan berita. Dengan demikian, keselamatan dan kenyamanan bersama saat berwisata dapat terjaga dengan baik.

pasang iklan banner 1045x250 pewarta network
pasang iklan banner 1045x250 pewarta network
pasang iklan banner 1045x250 pewarta network

Ketik kata kunci lalu Enter

close
banner pasang iklan 970x90 pewarta network